Kekeringan Danau Mead Mengungkapkan Kapal Perang Dunia II Saat Permukaan Air Menurun

Ketika mega-kekeringan di barat daya AS berlanjut, sebuah kapal pendarat dari Perang Dunia Kedua telah muncul dari perairan Danau Mead.

Danau Mead, reservoir air buatan manusia terbesar di AS, telah mengalami penurunan ketinggian air yang mengejutkan sebagai akibat dari kondisi kekeringan yang ekstrem.

Menurut The Associated Press, kapal pendarat Higgins awalnya 185 kaki (lebih dari 56 meter) di bawah permukaan, tetapi sekarang hampir setengah jalan keluar dari air.

Kapal itu ditemukan kurang dari satu mil dari Danau Mead Marina dan Pelabuhan Hemingway. Lake Mead sendiri terletak di Nevada dan Arizona.

Associated Press melaporkan bahwa kapal pendarat Higgins akan digunakan untuk mensurvei Sungai Colorado beberapa dekade yang lalu, sebelum akhirnya tenggelam.

Higgins Industries di New Orleans membangun beberapa ribu kapal pendarat dari tahun 1942 hingga 1945, Las Vegas Review-Journal melaporkan. Sekitar 1.500 “perahu Higgins” dikerahkan di Normandia pada 6 Juni 1944, yang dikenal sebagai D-Day.

Layanan Taman Nasional Area Rekreasi Nasional Danau Mead (NPS) mengatakan kepada CNN bahwa mereka menduga kapal Higgins “dioperasikan di danau karena berbagai alasan dan kemudian sebagian diselamatkan sebelum tenggelam di lokasinya saat ini.”

“Apakah itu tenggelam karena kecelakaan atau sengaja ditenggelamkan untuk menyingkirkan kapal yang tidak lagi digunakan tidak jelas,” kata NPS dalam pernyataannya.

NPS juga mengatakan kepada CNN bahwa kapal tersebut telah melepas mesinnya dan telah memodifikasi ruang di buritan kapal di antara dua posisi senapan mesin.

CNN melaporkan bahwa produksi kapal Higgins khusus ini berhenti pada tahun 1945, meskipun desain dasarnya masih direplikasi hingga hari ini.

Pada hari Senin, Danau Mead berdiri sekitar 1.042 kaki di atas permukaan laut, turun sekitar 25 kaki (lebih dari 7,5 meter) dari waktu yang sama tahun lalu dan 44 kaki (lebih dari 13 meter) di bawah kedalaman 2020, menurut ahli meteorologi senior CNN Brandon Miller.

Ini adalah titik terendah baru untuk Danau Mead, yang pertama dari jenisnya sejak waduk diisi pada tahun 1937 setelah Bendungan Hoover dibangun.

Danau Mead adalah sumber air utama bagi sekitar 25 juta orang, menurut CNN. Outlet melaporkan penurunan ketinggian air adalah akibat dari kekeringan yang dipicu oleh perubahan iklim dan peningkatan permintaan air secara keseluruhan.

Kapal era Perang Dunia Kedua bukanlah satu-satunya penemuan yang ditemukan di Danau Mead akibat penurunan permukaan air.

Beberapa sisa-sisa manusia juga ditemukan di danau. Sesosok tubuh – yang kemudian dipastikan adalah seseorang yang ditembak mati – ditemukan dalam tong berkarat pada bulan Mei.